Dihadiri Langsung oleh Sekda, Musren Tata Ruang Jawa Timur Digelar Perdana

Dihadiri Langsung oleh Sekda, Musren Tata Ruang Jawa Timur Digelar Perdana

January 5th, 2023 42

Menindaklanjuti hasil pelaksanaan penataan ruang di Tahun Anggaran 2022, Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya melalui bidang Penataan Ruang Wilayah melaksanakan Rapat Musyawarah Rencana Tata Ruang (MUSREN TATA RUANG) yang bertempat di Aston Sidoarjo City Hotel & Conference Center pada tanggal 9-10 November 2022. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya untuk meningkatkan kapasitas Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam proses Penyusunan dan Penetapan RTRW Provinsi Jawa Timur serta penyusunan dokumen SInkronisasi Program Pemanfaatan Ruang (SPPR) Provinsi Jawa Timur yang menjadi pertimbangan dalam proses Musrenbang Daerah dalam penyusunan Dokumen Rencana Pembangunan Daerah. Dalam kesempatan dimaksud, beliau menyampaikan pandangannya terhadap pelaksanaan tata ruang. Acara ini turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Bapak Adhy Karyono, A.KS.M. AP yang membuka Acara yang dilangsungkan selama 2 hari tersebut. “Sangat penting menjaga sumber daya alam kita dengan tata ruang, begitu juga dengan permukiman Tentunya kami yakin bahwa apa yang sudah menjadi pengalaman kita dalam penyusunan RTRWP sebelumnya akan menjadi bekal untuk perbaikan ke depannya sehingga integrasi antara RTRW provinsi 2024 berjalan dengan baik dan memenuhi kriteria dan pedoman yang sudah ditentukan”, ujarnya.


Kegiatan MUSREN TATA RUANG ini menjadi momentum penting dalam pelaksanaan pembinaan tata ruang, koordinasi dan sinkronisasi kebijakan antara pemerintah dengan pemerintah daerah provinsi maupun Kabupaten/Kota. Pemateri hadir secara hybrid melalui luring (langsung) dan daring (via Zoom Meeting). Narasumber berasal dari beberapa pejabat structural dan fungsional dari Perangkat Pemerintah Pusat, yaitu Uke Mohammad Husein, S.Si., MPP selaku Direktur Tata Ruang, Pertanahan, dan Pembangunan Berkelanjutan Kementerian BAPPENAS, Nuki Harniati, ST., MT. selaku Kasubdit Perencanaan Tata Ruang Provinsi dan Kota Wilayah I Dirjen Tata Ruang Kementerian ATR/BPN, Marcia ST., MT., M.Sc (Fungsional Analis Kebijakan Ahli Madya, Kemenko Perekonomian), Entarina Simanjuntak, ST., M. Plan (Kepala Bidang Pengembangan Infrastruktur Wilayah IIA, Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah pada Kementerian PUPR), dan Tessie Krinaningtyas T.T., SP., MT. (Pejabat Fungsional Penata Muda Subdit Sinkronisasi pemanfaatan Wilayah II, Kementerian ATR/BPN). 

 


Acara yang diselenggarakan selama dua hari ini dibagi menjadi dua tema. Tema pada hari pertama adalah Kegiatan Sinkronisasi Program Pemanfaatan Ruang (SPPR) Tahun 2022-2027 sebagai follow-up dari hasil penyusunan SPPR yang dilakukan dalam rangka sinkronisasi indikasi program RTRW Provinsi Jawa Timur dengan Rencana Pembangunan Sektoral. Sementara hari kedua dilaksanakan Konsultasi Publik RTRW Provinsi Jawa Timur, yang menjadi ajang diskusi aktif antara Perangkat Daerah pada Pemerintah Provinsi dengan Pemerintah Kabupaten/Kota dalam penyusunan RTRW Provinsi yang telah diintegrasikan muatan darat dan lautnya. Pada akhir acara di hari kedua, dilaksanakan penandatanganan bersama Berita Acara Konsultasi Publik RTRW Provinsi yang dilakukan secara ceremonial antara Pemerintah Provinsi (diwakili oleh Kepala Bidang Penataan Ruang Wilayah DPRKP CK Provinsi JAwa Timur) dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur, Perwakilan Pemerintah Pusat yang diwakili oleh Balai Besar Wilayah Sungai Brantas, Pemerintah Kabupaten/Kota yang diwakili oleh Dinas PUPR Kabupaten Sampang, dan pihak swasta yang diwakili oleh pengelola Kawasan Industri Gresik (KIG).