Kunjungan Lapangan Tim Juri Penilaian Kinerja Pemerintah Daerah (PKPD-PU) Bidang Penataan Ruang Tahun 2013

Terkait dengan diselenggarakannya Penilaian Kinerja Pemerintah Daerah – Pekerjaan Umum (PKPD-PU) Bidang Penataan Ruang tahun 2013 dan setelah melalui tahap seleksi awal, Provinsi Jawa Timur termasuk dalam daftar pendek (shortlist) calon pemenang PKPD-PU Bidang Penataan Ruang Tahun 2013. Menindaklanjuti penetapan Provinsi Jawa Timur sebagai salah satu calon pemenang, maka pada hari Rabu, tanggal 18 September 2013 dilaksanakan Kunjungan Lapangan Tim Penilai PKPD-PU Bidang Penataan Ruang Tahun 2013 dengan tema “Pengendalian Pemanfaatan Ruang Daerah”. Acara ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Dr. H. Rasiyo, MM selaku ketua BKPRD Provinsi Jawa Timur, didampingi Asisten Ekonomi dan Pembangunan Jawa Timur, Ir. Hadi Prasetyo, MT selaku wakil Ketua BKPRD Provinsi jawa Timur, serta anggota tim BKPRD Provinsi Jawa Timur yang terdiri dari Kepala SKPD teknis, perwakilan perguruan tinggi, serta ikatan asosiasi perencana sebagaimana ditetapkan dalam Keputusan Gubernur Jawa Timur No. 188/246/KPTS/2013 tentang Badan Koordinasi Penataan Ruang Daerah Provinsi Jawa Timur.


Pelaksanaan kunjungan lapangan yang diselenggarakan di Ruang Kertanegara Kantor Gubernur Jawa Timur dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur dengan diawali oleh sambutan, dilanjutkan dengan paparan dari Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur selaku Ketua BKPRD Provinsi Jawa Timur tentang Penyelenggaraan Penataan Ruang di Jawa Timur yang secara umum menggambarkan muatan substansi RTRW Provinsi Tahun 2011-2031 serta kinerja BKPRD Provinsi Jawa Timur hingga saat ini. Acara dilanjutkan dengan pemaparan “Pengendalian Pemanfaatan Ruang dalam Penataan Ruang Jawa Timur” oleh Bapak Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Ir. Hadi Prasetyo, MT yang secara umum menjelaskan mengenai permasalahan penataan ruang serta bentuk upaya pengendalian pemanfaatan ruang di Jawa Timur, yang mengarah pada diskusi penilaian kinerja penataan ruang di Jawa Timur antara tim juri dengan tim BKPRD Provinsi Jawa Timur. Tim Juri PKPD-PU Bidang Penataan Ruang terdiri dari perwakilan akademisi Perguruan Tinggi Negeri selaku pakar tata ruang, perwakilan dari dunia usaha, Aktifis Lingkungan, Aktifis Dinas Pekerjaan Umum dan Aktifis Sosial.


Acara dilanjutkan dengan Kunjungan Lapangan ke Kantor Unit Pelayanan Teknis (UPT) Pelayanan Perizinan Terpadu (P2T) sebagai unit pelayanan satu atap penerbitan perizinan di Jawa Timur, termasuk Izin Pemanfaatan Ruang (IPR) pada Kawasan Pengendalian Ketat Skala Regional Provinsi Jawa Timur yang ditetapkan dalam Peraturan Gubernur No. 61 Tahun 2006 tentang Pemanfaatan Ruang pada Kawasan Pengendalian Ketat Skala Regional Provinsi Jawa Timur. Kunjungan tim juri disambut hangat oleh tim Kepala UPT P2T Pung Karnanto Hadi, SH, MSi dilanjutkan dengan pemaparan tentang “Perizinan Pemanfaatan Ruang Pada Kawasan Pengendalian Ketat Skala Provinsi Jawa Timur”.


Selepas kunjungan UPT-P2T, rombongan bertolak menuju PT. Pelindo III sebagai pelaksana pembangunan mega-project terminal Multipurpose Teluk Lamong. Kawasan Teluk Lamong dipilih menjadi tujuan kunjungan lapangan mengingat kawasan tersebut masuk kedalam Kawasan Strategis Provinsi Jawa Timur sekaligus Kawasan Pengendalian Ketat yang telah diterbitkan izin pemanfaatan ruangnya, didukung dengan telah disusunnya Peraturan Gubernur nomor 56 Tahun 2012 tentang Pedoman Pemanfaatan Ruang Pada Kawasan Teluk Lamong.


Diharapkan Pemerintah Provinsi Jawa Timur mampu menunjukkan kinerja nyata kepada Pemerintah Pusat, terkait dengan aspek pengendalian pemanfaatan ruang