Ekowisata Mangrove Wonorejo Dijadikan Percontohan

Ekowisata Mangrove Kelurahan Wonorejo Surabaya, Jawa Timurmenjadi satu dari dua kawasan mangrove di Indonesia, sebagai percontohan dalam proyek Mangrove Ecosystem Conservation and Sustainable Use (MECS). Proyek tersebut kerjasama antara Kementerian Kehutanan (Kemenhut) dengan Japan International Cooperation Agency (JICA).

Kerjasama MECS ditandatangani Maret 2011 dan berlangsung hingga Juni 2014. MECSbertujuanmembentuk mekanisme pembelajaran mengenai konservasi mangrove dan pemanfaatan yang berkelanjutan di negara-negara ASEAN.

Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kota Surabaya Samsul Arifin di Surabaya, Minggu (26/2/2012) mengungkapkan, MECS memilih Surabaya dan Balikpapan sebagai percontohan karena di kedua lokasi tersebut memiliki isusama yakni mangrove dapat memainkan peran penting dalam pengelolaan kawasan pesisir.

"Surabaya dan Balikpapan akan menyusun rencana kerja terkait konservasi mangrove untuk mengintegrasikan upaya-upaya dan pelaksanaan kegiatan yang lebih efektif dan berkelanjutan," katanya.

Oleh karena itu , untuk mendukung keberhasilan proyek MECS, Kemenhut bekerja sama dengan Pemkot Surabaya dan Balikpapan serta JICA akan menyelenggarakan workshop di Surabaya dan Balikpapan.

 

Selengkapnya baca Kompas.com, 26 Februari 2012